Mengenai Saya

Foto Saya
Lahir di Palembang, berkelana di Jogja, bertengger di B.Lampung

Unsur Pada Gitar

| Sabtu, 15 Mei 2010
Udah lama nga posting, akhirnya beraniin posting lagi..huehehe
Tanpa basa-basi, sekarang langsung aja deh daripada tar keburu males 
Berdasarkan postingan saya sebelumnya tentang posisi dalam bermain gitar, sekarang kita lanjut tentang unsur pada gitar. Gitar terdiri dari 2 bagian utama (versi saya lho) :
1. Body gitar : bagian ini berfungsi untuk menghasilkan suara dari getaran senar yang diterima. Prinsipnya kerjanya sama seperti tabung resonansi dimana getaran yang diterima akan diubah menjadi bunyi yang bisa kita dengar
2. Dawai gitar :  bagian ini terdiri dari "fret" dan pengatur nada senar gitar (bahasa gaulnya penyetem gitar..hehehe). 
Fret merupakan kolom-kolom yang ada pada dawai gitar dimana keenam senar bertumpu. Penekanan chord (nada kunci) berbeda-beda disetiap fretnya.
Penyetem gitar sendiri merupakan pengatur ukuran nada dasar untuk setiap senar. Berikut nada dasar dimasing-masing senar:
Senar 1 : nada dasar E
Senar 2 : nada dasar B
Senar 3 : nada dasar G
Senar 4 : nada dasar D
Senar 5 : nada dasar A
Senar 6 : nada dasar E
Untuk 6 senar gitar itu sendiri terbagi dua bagian: senar rhythm (senar 1-3) dan senar bass (senar 4-6). Untuk jelasnya nanti akan saya tulis di postingan saya selanjutnya. Ok..sekian dulu ya kawan, semoga bisa dicerna (emang makanan..hehehe) 
Sumber gambar : www.jamorama.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Sempatkan buat nulis komengnya kawan...Komeng Anda sangat berarti buat peningkatan blog ini...(hindari komeng yang berbau SARA, agama, maupun hinaan lainnya...tetap jaga keutuhan Bhineka Tunggal Ika kita)